Menghilangkan suara Noise dan Mengedit Suara Vokal pada Audio



Tutorial  cara mengedit  suara vokal menjadi lebih baik, menggunakan Adobe Audition. dengan ini kita akan mendapatkan hasil rekaman yang lebih maksimal, saat kita merekam suara seperti ada kurangnya kualitas dari rekaman tersebut, maka dari itulah kita perlu mengeditnya.

Pada pembahasan ini penulis akan mengajarkan dengan menggunakan beberapa cara mudah dalam editing yakni :
1. Mastering
2. Noise Reduction
3. Vocal Enhancer
4. Reverb


Langkah awal Buka file Audio yang ingin kita Edit. Klik file > open(pilih file) > ok. selanjutnya akan tampil seperti gambar berikut.



1. Mastering

dengan menggunakan cara mastering ini mengubah suara rekaman tidak terlalu kasar ataupun kencang dengan mengubah volumenya menjadi lebih rendah agar kualitas suara lebih baik.

pertama jika audio terdengar terlalu pelan atau pun kencang bisa mengaturnya dengan Effect > Amplitude and Compression > Amplify > pilih default lalu ok setelah itu muncul seperti pada gambar, geser untuk menaikan dan menurunkan suara


sekarang untunk cara masteringnya klik Effects > Special > Mastering... lalu pilih Make Room For Vocals > Apply, seperti pada gambar atau anda bisa memilih dan mengaturnya sesuai dengan ke inginan.




2. Noise Reduction

pilih Effect > Noise Reduction/restoration > Capture Noise Print lalu anda bisa mendrag Noise Spot sesuai yg anda rasa memiliki suara noise, lalu lakukan Capture Noise Print untuk mencatat Noise secara Otomatis.




setelah itu pilih Effects > Noise Reduction.... > Noise Reduction (Process)
Anda geser atau atur sampai noise dan kualitas ditemukan titik terbaik. Lalu Apply




3. Vocal Enhancer

Pilih Effects > Special > Vocal Enhancer
lalu Pilih presets Male atau Female

#Female  akan mengurangi suara bass dan membuatnya lebih realistik.



4. Reverb

Pilih Effects > Reverb > Reverb.... akan muncul tampilan seperti pada gambar dan anda dapat mengaturnya agar suara terdengar seperti yang anda inginkan.




Sekian pembahasan tutorial tentang mengedit audio menggunakan Adobe Audition CC 2015 dengan menggunakan cara :
1. Mastering
2. Noise Reduction
3. Vocal Enhancer
4. Reverb
saya selaku penulis  memohon maaf dan memaklumkan bila ada salah - salah dalam penyampaiannya dan segala kekurangannya, sekian dan terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gerakan Organisasi yang Melenceng dari Ajaran Agama Islam

Contoh Kasus Legal Aspek ( Desain Industri )